June 16, 2009

Bidang-Bidang Pekerjaan dan Jabatan

Posted in Arum Dyah W (06104241030) at 10:30 pm by adminkarir

Pengelompokan macam-macam pekerjaan dan jabatan menurut bidangnya:

  1. Teknik dan industri, misalnya: montir, masinis, penerbang, pemborong, arsitek, insinyur, ahli pertambangan, ahli tekstil, ahli kimia, dan ahli percetakan.
  2. Niaga, misalnya: akuntan, penjaga toko, pengusaha angkutan, makelar, pembuat iklan, dan pengusaha asuransi.
  3. Perkantoran, misalnya: sekretaris, penyusun statistic, kasir, programmer computer, dan resepsionis.
  4. Pelayanan masyarakat/jasa, misalnya: apoteker, dokter, perawat, guru, hakim, jaksa, notaries, pramugari, kapster, petugas hotel, tentara, polisi, petugas pemerintahan, pekerja social, perencana mode, penari, pencipta lagu, bintang film, peragawati, pengarang, wartawan, penyiar radio/televisi, dan guide.
  5. Pekerja di lapangan (pertanian, peternakan, kehutanan, perikanan, arkeologi), misalnya: dokter hewan, ahli perairan, nelayan, ahli purbakala, dan botanis.

Atas dasar kesukaan seseorang dapat disebutkan sejumlah bidang pekerjaan dan jabatan menurut golongan minat, yaitu apakah orang lebih suka berurusan dengan orang, benda, atau ide/gagasan.

  1. Berurusan dengan orang, misalnya: pramugari, perawat, dokter, wartawan, manajer, psikolog, psikiater, guru, pekerja social, resepsionis, pramuniaga toko, agen biro travel, dan konselor sekolah. Semua pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk bergaul dengan orang secara luwes dan untuk bekerja sama dengan rekan-rekan sepekerjaan.
  2. Berurusan dengan benda/barang, misalnya: insinyur, penata perpustakaan, karyawan bank, peneliti di laboratorium kimia atau fisika, asisten laboratorium rumah sakit, karyawan kantor pos, sekretaris, akuntan, arsitek, modiste, penata rambut, komponis, pelukis, dan ahli foto. Semua pekerjaan ini menuntut kemampuan untuk berkonsentrasi dan bekerja sendiri serta berpikir kreatif.
  3. Berurusan dengan ide/gagasan, misalnya: pengarang, ahli ekonomi, pengacara, hakim, pegawai tinggi di departemen/lembaga tinggi Negara, ahli penelitian, dan dosen di perguruan tinggi. Semua jabatan ini menuntut kemampuan untuk menghadapi tantangan, dan untuk bertukar pikiran dengan rekan-rekan sepekerjaan.

1 Comment »

  1. avoid said,

    avoid
    I do agree with all of the ideas you’ve introduced in your post. They’re really convincing and can certainly work. Still, the posts are very short for novices. Could you please prolong them a bit from next time? Thank you for the post.


Leave a comment