June 16, 2009

Ketahui Bakat Kita

Posted in Nurhidayati (06104241003) at 8:50 pm by adminkarir

Setiap orang memiliki bakat yang mungkin belum dikembangkan. Hal ini terjadi karena bakat tersebut belum disadari. Untuk dapat mengenali bakat kita, dapat melalui mengenali ketrampilan yang ada dalam diri kita. Bagaimana caranya supya kita mampu mengenali bakat kita?

Hal-hal apa yang kita sukai?

Misalnya senang memasak, senang menjahit, mengotak-atik sepeda motor, melukis dan lain sebagainya.

Jika kita merasa tidak menyukai salah satu dari berbagai kegiatan di atas, kegiatan apa yang dapat kita lakukan?

Manusia diciptakan pasti memilki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun kita tidaktahu kelebihan kita, namun ada suatu kegiatan yang dapat kita kerjakan. Sebagai informasi, berbagai keterampilan itu antara lain : seni music, seni rupa, otomotif, menjahit, teknik mesin, farmasi, tataboga, tata busana, mengukir dan lain sebagainya.

Untuk menyalurkan berbagi informasi tersebut, kita dapat melanjutkan ke sekolah yang kita inginkan. Mengapa berbagai bakat yang kita punya harus disalurkan? Selain nantinya dapat mempermudah kita dalam bekerja, berbagai bakat itu dapat tersalurkan dan memberikan manfaat. Berbagai sekolah tersebut adalah :

  1. SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

Disekolah ini terdapat 2 kelompok, kelompok bisnis dan pariwisata, serta kelompk teknik. Dalam kelompok bisnis dan pariwisata jurusan yang tersedia biasanya jurusan sekretaris, administrasi perkantoran, pariwisata, penjualan dan akuntansi. Sedangkan untuk kelompok teknik, jurusan yang tersedia adlah teknik mesin, teknik informatika, teknik otomotif. Selain jurusan tersebut, jurusan yang lain adalah tata boga, tata busana dan kriya.Untuk jurusan kriya, hanya terdapat di sekolah-sekolah tertentu, misalnya SMK N 5 Yogyakarta.

2.  SMFI (Sekolah Menengah Farmasi Indonesia )

Dari namanya saja sudah dapat diketahui bahwa sekolah ini khusus untuk jurusan farmasi. Bagi yang bercita-cita menjadi seorang apoteker, setelah lulus SMP dapat langsung mendaftar di sekolah ini karena akan mendapat pelajaran dasar mengenai farmasi sehingga dapat mempermudah ketika melanjutkan ke perguruan tinggi. Di Yogyakarta SMFI terletak di jalan Ibu Riswo atau di sebelah timur alun-alun utar kraton Yogyakarta. Bagi yang berminat melanjutkan ke SMFI harus sering- sering mencari informasi mengenai pendaftaranya karena biasanya tidak bersamaan dengan jadwal penerimaan siswa baru sekolah lainya. Selain sering memcari informasi, kita harus juga lebih menekuni mata pelajaran IPA, karena SMFI menekankankan pada jurusan IPA.

3.   SMM (Sekolah Menengah Musik)

Sekolah ini hanya untuk anak-anak yang mempunyai bakat bermain music yang sudah terasah. Hal ini dapat dilihat pada seleksi penerimaan siswa baru. Pada tahap ujian masuk, dipilh anak-anak yang mampu memainkan music dengan baik. Oleh karena itu, bagi yang ingin mennekuni dunia seni music dan ingin melanjutkan ke SMM, dapt berlatik mulai dari sekarang. SMM berlokasi satu komplek dengan SMSR yaitu di daerah Bugisan, Kasihan, Yogyakarta.

4.   SMSR (Sekolah Menengah Seni Rupa)

Hampir sama dengan SMM, SMSR juga menerima siswa-siswa yang benar-benar berbakat di bidang seni rupa. Tes seleksi untuk SMSR biasanya berupa tes menggambar. Siswa dieri sekitar 10 lembar kertas kosong dan disuruh menggambar dan menuangkan seluruh imajinasinya dalam kertas tersebut dalam waktu yang telah dutentukan.SMSR berlokasi satu komplek dengan SMM yaitu di daerah Bugisan.

5.   SMTI (Sekolah Menengah Teknik Industri)

Khusus untuk sekolah ini, masa studinya adalah 4 tahun. Apabila siswa mendapat nilai di bawah standar yang ditentukan sekolah, siswa tersebut dianggap tidak naikkelasdan harus mengundurkan diri dari sekolah. Keuntungan setelah masuk sekolah ini adalah setelah lulus nanti langsung ditempatkan. Jurusan yang ada hamper sama dengan jurusan di SMTI kelompok teknik. SMTI berlokasi di jalan Kusumanegara, Yogyakarta. Proses pendaftaran siswa SMTI juga lebih awal dari sekolah-sekolah basa. Hal ini bertujuan supaya siswa yang dinyatakan tidak lolos seleksi dapat melanjutkan ke sekolah lain. Untuk informasi seluruh informasi tentang mengenai nama-nama sekolah SMK dapat kalian lihat di www.datapokok.ditpsmk.net. Apa cita-cita kalian? Nah, tentukan dari sekarang dan pilihan jurusan yang kiat inginkan supaya cita-cita tercapai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: