June 16, 2009

MENGENAL BAKAT PADA DIRI SENDIRI

Posted in Kusuma Wardani (06104241022) at 10:38 pm by adminkarir

Bakat seseorang dimiliki sejak ia dilahirkan. Bakat tersebut meliputi bakat akademis dan bakat kemamouan lainnya, seperti seni dan olahraga.

Bakat dapat menjadi kemampuan yang nyata jika dikembangkan dengan baik. Untuk mengembangkna bakat dengan baik diperlukan sifat – sifat yang mendukung. Bakat dan sifat yang dimiliki seseorang dapat menimbulkan minat terhadap suatu hal. Bakat, sifat – sifat, dan minat yang dimiliki individu dapat berbeda antara satu dengan yang lain. penyebab ini menyebabkan cita – cita yang ingin dicapai berubah juga.

1. Pengertian Bakat

Bakat adalah kemampuan yang dibawa sejak lahir. Kemampuan itu jika diberi kesempatan untuk berkembang melalui belajar, akan menjadi kecakapan yang nyata. Sementara itu, bila tidak dikembangkan, kemampuan itu menjadi kecakapan yang nyata.

Beberapa kegiatan dapat dilakukan untuk mengetahui bakat yang kita miliki dengan melihat nilai prestasi belajar melalui rapor, melihat kemampuan lainnya, seperti keterampilan, olahraga, seni, dan dengan melihat pengalaman pribadi kita sendiri.

2. Cara Mengenal Bakat Dibidang Akademis

Bakat akademis adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam bidang mata pelajaran. Seseorang dapat mengetahui bakatnya dalam bidang akademis dengan melihat nilai rapor serta pengalaman yang dimiliki.

Untuk melihat bakat akademis yang kita miliki, kita dapat merinci nilai rapor yang ada dari SD sampai sekarang. Dari nilai tersebut dapat dilihat kecenderungan dimana bakat akademis kita.

3. Cara Mengenal Bakat Pada Kemampuan Yang Lain

Selain bakat akademis, individu juga memiliki bakt kemampuan yang lain, seperti kemampuan dalam bidang olahraga, kemampuan dalam bidang kesenian, dan keterampilan.  Kemampuan ini dapat dilihat dari prestasi kita dalam kegiatan tersebut.

4. Cara Mengembangkan Bakat

Bakat  akan menjadi kecakapan yang nyata jika dikembangkan melalui belajar. Proses pengembangan bakat membutuhkan biaya, sarana, dan dorongan dari orang lain.bakat yang ada dapat dikembangkan dengan belajar dan mengikuti kegiatan sesuai dengan bakat yang dimiliki seperti mengikuti kursur atau kegiatan ekstrakulikuler di sekolah.

5. Cara Mengenal Sifat Yang Menunjang Pengembangan Bakat

Sifat yang dimiliki seseorang akan mempengaruhi perkembangan bakat tersebut.sifat seseorang dapat diketahui melalui jenis kegitan yang dilakukan dan hasil yang dicapai. Tiap orang memiliki sifat yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

6. Cara Menyusun Bakat Akademis Dan Bakat Yang Lain

Setelah kita mengenal bakat akademis dan bakat kemampuan yang lainnya, sebaiknya kita membuat tabel yang memuat kesimpulan mengenai bakat yang kita miiki. Mintalah pendapat teman tentang tabel tersebut.

No. Jenis Kegiatan Pendapat Saya Pendapat Teman Keterangan
B C K B C K
1. Bakat akademis

  1. Pkn
  2. IPS
  3. B. Indonesia
  4. B. Inggris
  5. IPA
  6. Matematika
2. Bakat di bidang lain

  1. Voli
  2. Sepak bola
  3. Basket
  4. Musik
  5. Mengarang
3. Sifat yang dimiliki

  1. Cepat mendapat teman
  2. Senang bekerja kelompok
  3. Dapat mendorong rekan – rekan
  4. Sabar menghadapi masalah
  5. Teliti
  6. Lebih senang menghadapi orang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: