June 16, 2009

Optimis, Raih Cita-Citamu!

Posted in Aulya Deffitha PPS (06104241037) at 11:29 pm by adminkarir

  1. Buat cita-cita yang bisa diraih, dan yakini diri kalau kita pasti bisa meraihnya.

Sering kita merasa gagal dalam meraih keinginan atau cita-cita yang sudah dibuat. Hal ini dikarenakan kita sendiri yang terlalu kreatif membuat cita-cita yang tidak realistis dengan keadaan diri kita sendiri. Simpan dulu saja keinginan untuk merubah dunia. Fokus pada cita-cita yang berefek pada diri sendiri dan masih dalam area kemampuan kita.

2. Tulis cita-cita kita dan lakukan perencanaan untuk menggapainya secara lengkap dan terperinci.

Kalau punya cita-cita yang besar, kita harus buat jalan atau langkah demi langkah apa saja yang harus dilalui. Anggap saja impian besar kita itu adalah kemenangan pada pertandingan final, dimana untuk mencapainya kita harus melalui dulu beberapa pertandingan sebelumnya. Keberhasilan kita mengerjakan langkah demi langkah dalam proses meraih cita-cita ibarat kemenangan yang kita raih pada setiap babak pertandingan.

3. Buat jangka waktu dan biasakan untuk selalu disiplin.

Supaya bisa mencapai ke tujuan kita perlu membuat pembagian waktu yang berisi langkah-langkah apa saja yang harus dikerjakan. Pada setiap langkahnya buat batas final kapan harus selesai. Misal cita-cita kita adalah berolahraga selama 30 menit setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu. Kita bisa memulainya dengan jadwal sekali seminggu dulu, kemudian dua kali hingga akhirnya bisa tiga kali seminggu. Jangan lupa untuk memberi tanda bintang sebagai lambang keberhasilan pada setiap langkah yang bisa dicapai.

4. Jadikan sebuah cita-cita mempunyai multi tujuan.

    Maksudnya adalah, setiap kali kita mempunyai cita-cita, maka kita menempelkan terhadapnya beberapa alasan sekaligus kenapa kita menginginkannya. Misalnya, kita ingin membuka usaha selepas sekolah, tentu akan menjadi kecewa bila ternyata gagal. Sering terjadi karena gagal mendapatkan keinginan tersebut, kita menjadi sedih luar biasa, bahkan menjadi frustasi dengan hidup. Kiat yang harus dilakukan oleh kita adalah memberikan alasan yang lebih banyak kenapa kita ingin bewiraswasta selepas sekolah. Hal ini akan membantumu untuk lebih giat meraih apa yang kita inginkan.

    Kalau kita membiasakan diri untuk selalu membuat tekad atau cita-cita lengkap dengan langkah-langkah nyatanya, bisa dipastikan hidup kita juga akan lebih terarah dan rapih, alias tidak berantakan kemana-mana tanpa tujuan. Satu hal yang tidak boleh dilupakan : tetap semangat dan optimis !

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: