June 16, 2009

Resep Merasa Sukses

Posted in Arum Dyah W (06104241030) at 10:25 pm by adminkarir

Sukses memang banyak ukurannya. Sukses secara materi, karir, spiritual, kebahagian keluarga, dan lain-lain. Apapun ukuran yang dipakai yang penting adalah bahwa kita sendiri merasa bahagia dengan kesuksesan kita. Itu artinya kesuksesan yang diraih memang sesuai dengan yang kita inginkan bukan yang orang lain inginkan. Mungkin orang lain menganggap kita tidak sukses karena kita tidak kaya atau karirnya biasa saja tapi kalau kita bahagia dengan yang kita peroleh, dan memang itulah yang telah kita rencanakan, semestinya kita merasa sukses. Jadi judul yang tepat adalah resep merasa sukses, bukan resep sukses. Inilah resep merasa sukses yang dimaksud:

1. Tentukanlah Apa yang Anda Ingin Lakukan dalam Hidup Ini

Semua manusia pasti memiliki tujuan dalam hidup ini. Menentukan tujuan atau apa yang ingin Anda lakukan dalam hidup ini perlu dilakukan agar Anda mempunyai cara atau langkah yang ingin Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Realistis dan Fleksibel dengan Cita-Cita Anda

Seringkali cita-cita yang kita tetapkan tidak realistis. Terlalu tinggi atau tidak sesuai dengan bakat dan kesukaan kita. Karena materi merupakan ukuran sukses seseorang maka kita memaksakan diri sekolah dan kerja di bidang yang banyak menghasilkan uang misalnya ekonomi.

3. Bahagia dengan Pencapaian Kecil

Dalam meraih cita-cita yang tinggi kita harus bisa menikmati pencapaian-pencapaian kecil dalam perjalanan hidup kita. Tiap ada kesalahan yang kita temui dan kita bisa menemukan sebagian solusinya maka kita akan merasa bahwa semakin banyak hal yang kita mengerti dan semakin jelas pemecahan atas problem yang kita hadapi.

4. Tetap dalam Perspektif

Seringkali karena terlalu fokus dengan pencapaian cita-cita Anda. Anda lupa untuk menikmati saat ini, detik ini. Kita harus bersyukur atas apa yang diberikan oleh-Nya kepada kita. Pada saat tertentu mungkin Anda merasa gagal, kesal dan semuanya tidak berjalan dengan baik. Pada saat itu cobalah untuk tetap dalam perspektif dan lihat betapa masih beruntungnya Anda.

5. Belajar dan Memperbaiki Diri

Perbedaan antara orang sukses dengan orang yang tidak sukses adalah bahwa orang sukses dan calon sukses selalu mau belajar. Belajar dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan dan belajar dari orang-orang yang sudah sukses.

6. Berbagi dengan Orang-Orang yang Tidak Beruntung

Bersedekahlah manakala kita sedang lapang dan sempit. Berbagi kepada yang lebih lemah dari kita sungguh merupakan obat dari perasaan sukses dan tidak sukses pada diri kita. Dengan berbagi maka kita akan merasa benar-benar sukses dan beruntung. Dengan berbagi kita juga akan merasa ternyata banyak yang lebih tidak sukses dibandingkan kita.

7. Sabar dan Berserah Diri

Akhirnya kalau kita sudah melakukan apa yg terbaik untuk meraih kesuksesan dan kesuksesan tidak datang juga, sabar dan pasrahkan diri kita. Paling tidak kita sudah berbuat sebaik mungkin untuk mengoptimalkan hidup kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: