June 17, 2009

Pernahkah Anda Bekerja Sama??

Posted in Kusuma Wardani (06104241022) at 12:20 am by adminkarir

Suatu program yang ingin dilaksanakan sangat memerlukan kekompakan suatu tim, agar program yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan efektif. Oleh karena itu, terlebih dahulu harus menyiapkan lebih awal berbagai hal penting. Kebutuhan pada aspek material, keahlian personal, sampai pada aspek kesiapan mental dalam melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, apalagi sebelumnya belum pernah kenal, termasuk upaya menghadapi berbagai kemungkinan negatif maupun positif yang akan muncul dalam realisasi program.

Membangun TIM

Terlebih dahulu membentuk tim, lebih selektif memilih koordinator programnya sampai pada bidang atau seksi yang dibutuhkan. Orang yang ditunjuk mengisi bidang atau seksi harus pas sesuai dengan keahliannnya agar lebih memudahkan menyelesaikan tugas yang diamanahkannya. Koordinator program yang ditunjuk secara musyawarah paling tidak harus memilih beberapa kriteria pokok, antara lain: Memahami program yang ingin dilaksanakan, keahlian mendorong partisipasi anggota, keahlian dalam memahami dinamika tim yang dibentuk, mampu memelihara semangat kerja tim, dan bersedia mengambil resiko yang telah disepakati sebelumnya. Dalam membentuk tim, upayakan tim yang dibentuk lebih kecil (tidak perlu banyak orang), selain bisa lebih efektif, efiesien juga lebih hemat biaya.

Job Description Personal

Setelah Tim terbentuk, Koordinator program dan dibantu oleh sekretaris membuat Job description untuk memudahkan dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Dalam, job description harus memuat Tugas dan wewenangnya masing-masing posisi, agar tidak melahirkan konflik antar bidang atau seksi. Jika konflik tidak bisa dihindari, segala masalah harus dibawah dalam rapat panitia, kalau waktunya mendesak maka negosiasi kedua pihak yang berkonflik harus berupaya mencari jalan keluarnya agar masalahnya cepat selelesai.

Koordinator harus menjelaskan hal-hal penting berkaitan dengan agenda tim, dan yang tidak kalah pentingnya, harus menjadi mediator dan fasilitator dan harus bersikap tegas dan adil dalam menyelesaikan masalah. Berikan gambaran berbagai idikator keberhasilan dalam menjalankan program, seperti kualitas, ketepatan waktu dan efektivitas biaya yang dipakai.

Saling Mendukung

Dalam implementasi tugas masing-masing, tim harus saling memberikan semangat dan respon yang baik, tidak memberikan penilai dan informasi yang buruk pada tim lainnya, karena bisa melahirkan persaingan yang tidak baik.

Melakukan Pertemuan Rutin

Idealnya setiap departemen, seksi yang di pimpin oleh koordinator program harus membuat jadwal pertemuan secara rutin, dalam membicarakan berbagai berbagai perkembangan yang terjadi. Masing-masing bidang dan seksi yang harus melakukan monitoring dan evaluasi yang mendapat bantuan dari pihak eksternal dalam memahami substansi yang terjadi, dan menyiapkan  berbagai agenda strategi sebagai solusi alternatif atas berbagai problem yang muncul. Perkembangan baik yang dicapai perlu untuk dirayakan dengan melakukan meeting sambil makan-makan di tempat-tempat yang diangap cocok oleh tim. Berikan penghargaan kepada mereka yang berhasil menjalankan tugasnya.

Melakukan Monitoring dan Evaluasi

Monitoring yang baik harus dijalankan selama program itu berlangsung, sehingga bisa melihat kelemahan dan kekuatannya. Lebih jauh dari itu, monitoring diharapkan bisa memberikan berbagai gambaran perkembangan yang sudah dicapai, khususnya soal plus minus dalam impelementasinya. Kemudian melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap program yang telah dijalankan. Membuat kesimpulan secara menyeluruh atas proyek yang sudah berjalan. Beberapa hal penting yang harus dievaluasi dalam hal ini adalah, kerjasama tim, implementasi tugas masing-masing tim, mengukur sejauh mana keberhasilan yang dicapai dilihat dari tujuan program yang dijalankan, kalau perlu tim melakukan press release, agar program yang dibuat dapat dipahami oleh masyarakat, lebih jauh dari itu, bisa menjadi media kritik dan rekomendasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk bisa ditindaklanjuti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: